Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Jurnal Riset Kelautan Tropis (Journal of Tropical Marine Research) (J-Tropimar)?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

Pedoman bagi Penulis (Author)

Artikel Jurnal J-Tropimar

 

            Pedoman ini berisi dua macam petunjuk, yaitu: (1). Persiapan manuskrip J-Tropimar dan (2). Pedoman pengiriman artikel Jurnal J-Tropimar.

 

Persiapan Manuskrip J-Tropimar

J-Tropimar menerima empat tipe manuskrip untuk peer-review, yaitu: Artikel reguler, artikrl review, komunikasi short communications

 

1.         Artikel Reguler

            Artikel reguler adalah riset empiris yang asli dan lengkap, terdiri dari pengantar, bahan dan metode, hasil dan diskusi, kesimpulan. Karya asli harus memberikan referensi dan penjelasan tentang temuan penelitian yang mengandung temuan baru dan signifikan.

Ukuran: Umumnya, ini diharapkan antara 6 dan 12 halaman jurnal (tidak termasuk abstrak, referensi, tabel dan / atau gambar), maksimum 80 referensi, dan abstrak dari 100-200 kata.

 

2.         Artikel Review

            Laporan ini mengevaluasi secara kritis materi tentang penelitian saat ini yang telah diterbitkan dengan mengorganisasikan, mengintegrasikan, dan mengevaluasi materi yang dipublikasikan sebelumnya. Ini merangkum status pengetahuan dan garis besar arah masa depan penelitian dalam lingkup jurnal. Ulasan artikel harus bertujuan untuk memberikan gambaran umum sistem, evaluasi dan interpretasi penelitian di bidang tertentu. Analisis ulang sebagai meta-analisis dan tinjauan sistemik didorong. Judul naskah harus dimulai dengan "Artikel Ulasan:".

            Ukuran: Artikel ini tidak memiliki batas halaman yang diharapkan atau jumlah referensi maksimum, harus menyertakan angka dan / atau tabel yang sesuai, dan abstrak dari 100-200 kata. Idealnya, artikel ulasan harus terdiri dari 7 hingga 8 halaman cetak.

 

3.         Komunikasi Pendek

            Mereka tepat waktu, direview dan singkat. Ini cocok untuk publikasi kemajuan teknis yang signifikan dan dapat digunakan untuk:

(A) melaporkan perkembangan baru, kemajuan signifikan dan aspek baru dari metode dan teknik eksperimental dan teoritis yang relevan untuk penyelidikan ilmiah dalam lingkup jurnal;

(b) laporkan / diskusikan hal-hal penting tentang kebijakan dan perspektif yang terkait dengan ilmu jurnal, termasuk komentar 'pribadi';

(c) menyebarluaskan informasi dan data tentang peristiwa-peristiwa penting yang memiliki kepentingan ilmiah dan / atau sosial yang signifikan dalam lingkup jurnal.

            Judul naskah harus dimulai dengan "Komunikasi Singkat:".

 

            Ukuran: Ini biasanya antara 2 dan 4 halaman jurnal dan memiliki maksimum tiga gambar dan / atau tabel, 8 hingga 20 referensi, dan panjang abstrak tidak melebihi 100 kata. Informasi harus dalam bentuk singkat namun lengkap dan tidak dimaksudkan untuk mempublikasikan hasil awal atau menjadi versi ringkas dari Makalah Reguler atau Cepat.

 

4.         Lainnya

            Laporan singkat, studi kasus, komentar, makalah konsep, Surat kepada Editor, dan balasan pada artikel yang diterbitkan sebelumnya dapat dipertimbangkan.

 

 

FORMAT MANUSCRIPT

Makalah ini harus diserahkan dalam satu format kolom dengan setidaknya 4 cm margin dan 1,5 spasi baris. Penulis disarankan untuk menggunakan font Arial 11-point dan format MS Word.

 

1. Struktur Naskah

            Manuskrip secara umum harus diatur dalam urutan berikut:

 

Halaman 1: Judul Atas (Header)

Halaman ini hanya boleh memuat judul yang sedang berjalan dari kertas Anda. Judul yang sedang berjalan adalah judul singkat yang digunakan sebagai kepala yang berjalan di setiap halaman naskah. Judul yang berjalan tidak boleh melebihi 60 karakter, menghitung huruf dan spasi.

 

Halaman 2: Penulis (s) dan informasi penulis yang sesuai.

Halaman ini harus berisi judul lengkap dari makalah Anda tidak melebihi 25 kata, dengan nama dari semua penulis, lembaga dan nama penulis yang bersangkutan, institusi dan alamat lengkap (Alamat jalan, nomor telepon (termasuk ekstensi), nomor telepon tangan, dan alamat e-mail) untuk korespondensi editorial. Penulis pertama dan yang sesuai harus diindikasikan dengan jelas.

 

Nama-nama penulis dapat disingkat mengikuti konvensi penamaan internasional. misalnya Salleh, A.B.1, Tan, S.G2 *., Dan Sapuan, S.M3.

 

Alamat penulis. Beberapa penulis dengan alamat yang berbeda harus menunjukkan alamat masing-masing secara terpisah dengan nomor superskrip:

George Swan1 dan Nayan Kanwal2

1Departemen Biologi, Fakultas Sains, Universitas Duke, Durham, North Carolina, AS., 2 Kantor Wakil Wakil Rektor (R & I), Universiti Putra Malaysia, Serdang, Malaysia.

 

Daftar angka dan tabel hitam putih / warna juga harus ditunjukkan pada halaman ini. Angka yang dikirim dalam warna akan dicetak berwarna. Lihat "5. Gambar & Foto" untuk detailnya.

 

Halaman 3: Abstrak

Halaman ini harus mengulangi judul lengkap dari makalah Anda hanya dengan Abstrak (abstrak harus kurang dari 250 kata untuk Makalah Biasa dan hingga 100 kata untuk Komunikasi Singkat), dan Kata Kunci.

 

Kata kunci: Tidak lebih dari delapan kata kunci dalam urutan abjad harus disediakan untuk menggambarkan isi naskah.

 

Halaman 4: Pendahuluan

Halaman ini harus dimulai dengan Pengantar artikel Anda dan diikuti oleh sisa makalah Anda.

 

2. Teks

            Makalah Reguler harus disiapkan dengan judul Pendahuluan, Bahan dan Metode, Hasil dan Diskusi, Kesimpulan, Ucapan Terima Kasih, Referensi, dan data Tambahan (jika avavailble) dalam urutan ini.

 

3. Persamaan dan Rumus

            Ini harus diatur dengan jelas dan harus diketik spasi ganda. Angka yang mengidentifikasi persamaan harus berada dalam tanda kurung siku dan ditempatkan di tepi kanan teks.

 

4. Tabel

            Semua tabel harus disiapkan dalam bentuk yang konsisten dengan isu-isu terkini J-Tropimar dan harus diberi nomor secara berurutan dengan angka Romawi. Materi penjelasan harus diberikan dalam keterangan/legenda  dan catatan kaki. Setiap tabel harus disiapkan pada halaman baru, tertanam dalam naskah.

Ketika sebuah manuskrip diajukan untuk publikasi, tabel juga harus dikirim secara terpisah sebagai file data - .doc, .rtf, Excel atau PowerPoint - karena tabel yang dikirimkan sebagai data gambar tidak dapat diedit untuk publikasi dan biasanya dalam resolusi rendah.

 

5. Angka & Foto

            Kirimkan gambar atau foto asli. Gambar garis harus jelas, dengan kontras hitam dan putih tinggi. Setiap gambar atau foto harus disiapkan pada halaman baru, yang disertakan di manuskrip untuk ditinjau untuk menyimpan file naskah di bawah 5 MB. Ini harus diberi nomor secara berurutan dengan angka Romawi.

 

            Angka atau foto juga harus diserahkan secara terpisah sebagai file TIFF, JPEG, atau Excel- karena angka atau foto yang dikirimkan dalam resolusi rendah yang tertanam dalam manuskrip tidak dapat diterima untuk publikasi. Untuk angka elektronik, buat angka Anda menggunakan aplikasi yang mampu menyiapkan file TIFF resolusi tinggi. Secara umum, kami memerlukan 300 dpi atau resolusi yang lebih tinggi untuk karya seni berwarna dan setengah nada, dan 1200 dpi atau lebih tinggi untuk gambar garis diperlukan.

 

Aturan umum tentang Angka dan Tabel

• Semua Gambar dan Tabel harus diberi nomor secara berurutan (misalnya, Tabel 1, Tabel 2, dll.) Dan mengutip masing-masing dalam tulisan Anda sebagai Tabel 1 atau Gambar 1.

• Semua tabel harus direferensikan dalam teks kertas dan dalam daftar referensi.

• Setiap tabel harus memiliki judul tersendiri. Setiap kata dalam judul harus dicetak miring dan huruf besar kecuali dengan, dari, dalam, dan, dll.

 

6. Referensi

            Referensi dimulai pada halaman mereka sendiri dan tercantum dalam urutan abjad berdasarkan nama belakang penulis pertama. Hanya referensi yang dikutip dalam teks yang harus disertakan. Pastikan bahwa referensi teks (kutipan) dikutip sesuai gaya kutipan dalam teks APA. Semua referensi harus dalam font 12-point dan spasi ganda.

 

CATATAN: Saat memformat referensi Anda, silakan ikuti gaya referensi APA (Edisi 6). Pastikan bahwa referensi benar-benar sesuai dengan gaya yang ditentukan jurnal, karena gagal artikel Anda tidak akan diterima untuk peer-review. Anda dapat merujuk ke Manual Publikasi Asosiasi Psikologi Amerika untuk perincian lebih lanjut (http://www.apastyle.org/).

 

7. Pedoman Umum

            Singkatan: Definisikan menurut abjad, selain singkatan yang dapat digunakan tanpa definisi. Kata-kata atau frasa yang disingkat dalam pendahuluan dan teks berikut harus ditulis lengkap pertama kali muncul dalam teks, dengan setiap bentuk singkatan dalam kurung. Sertakan nama umum atau nama ilmiah, atau keduanya, dari bahan hewan dan tumbuhan.

            Ucapan Terima Kasih: Individu dan entitas yang telah memberikan dukungan penting seperti hibah penelitian dan fellowship dan sumber pendanaan lainnya harus diakui. Kontribusi yang tidak melibatkan penelitian (bantuan administrasi atau ucapan terima kasih pribadi) seharusnya tidak muncul dalam ucapan terima kasih.

Afiliasi Penulis: Afiliasi utama untuk setiap penulis harus menjadi institusi tempat sebagian besar pekerjaan mereka selesai. Jika seorang penulis kemudian pindah ke institusi lain, alamat saat ini juga dapat disebutkan di footer.

Co-Authors: Pedoman yang diterima umum untuk kepenulisan adalah bahwa seseorang harus secara substansial berkontribusi pada pengembangan makalah dan berbagi akuntabilitas untuk hasil. Peneliti harus memutuskan siapa yang akan menjadi penulis dan urutan apa yang akan mereka daftarkan tergantung pada urutan kepentingan mereka untuk penelitian. Kontribusi lain harus dikutip dalam Ucapan Terima Kasih naskah.

Hak Cipta: Penulis yang mempublikasikan Jurnal akan diminta untuk menandatangani formulir hak cipta. Dalam menandatangani formulir, diasumsikan bahwa penulis telah memperoleh izin untuk menggunakan materi yang dilindungi hak cipta atau sebelumnya diterbitkan. Semua penulis harus membaca dan menyetujui ketentuan yang digariskan dalam formulir, dan harus menandatangani formulir atau menyetujui bahwa penulis yang bersangkutan dapat mendaftar atas nama mereka. Artikel tidak dapat dipublikasikan sampai formulir yang ditandatangani (tanda tangan pena-ke-kertas asli) telah diterima.

Perizinan Hak Cipta: Penulis harus mencari izin yang diperlukan untuk kutipan, karya seni, kotak atau tabel yang diambil dari publikasi lain atau dari sumber lain yang tersedia secara gratis di Internet sebelum diserahkan ke Pertanika. Pengakuan harus diberikan kepada sumber asli dalam legenda ilustrasi, di catatan kaki tabel, atau di akhir kutipan.

Catatan Kaki: Alamat penulis saat ini jika berbeda dari pos dapat disisipkan di sini.

Penomoran Halaman: Setiap halaman naskah, termasuk halaman judul, referensi, tabel, dll. Harus diberi nomor. Ejaan: Jurnal ini menggunakan ejaan dan penulis Amerika atau Inggris dapat mengikuti edisi terbaru Kamus Pembelajar Tingkat Lanjut Oxford untuk ejaan Inggris.

 

Pedoman pengiriman artikel Jurnal J-Tropimar

            Semua pengiriman manuskrip harus menggunakan sistem online submission. Untuk informasi lebih detil, akses halaman web J-Tropimar dan click “online submission”.

Checklist pengiriman (Submission checklist)

Surat Pengantar (Cover Letter)

            Semua pengajuan harus disertai dengan surat pengantar yang merinci apa yang Anda kirimkan. Makalah diterima untuk dipublikasikan di jurnal pada pemahaman bahwa artikel tersebut asli dan konten belum dipublikasikan baik dalam bahasa Inggris atau bahasa lain (s) atau dikirimkan untuk publikasi di tempat lain. Surat itu juga harus menjelaskan secara singkat penelitian yang Anda laporkan, mengapa itu penting, dan mengapa Anda berpikir para pembaca jurnal akan tertarik. Surat pengantar juga harus berisi pengakuan bahwa semua penulis telah berkontribusi secara signifikan, dan bahwa semua penulis telah menyetujui kertas untuk rilis dan setuju dengan isinya.

            Surat pengantar dari kertas harus mengandung (i) judul; (ii) nama lengkap penulis; (iii) alamat lembaga tempat pekerjaan dilakukan bersama dengan (iv) alamat pos dan email lengkap, ditambah nomor telepon dan email dari semua penulis. Alamat saat ini dari setiap penulis, jika berbeda dari tempat di mana pekerjaan itu dilakukan, harus diberikan dalam catatan kaki.

 

Di atas harus dinyatakan dalam surat lamaran. Pengajuan naskah Anda tidak akan diterima sampai surat lamaran telah diterima.

 

2.         Manuskrip

            Pastikan MS Anda telah mengikuti gaya penulisan J-Tropimar, khususnya empat halaman pertama seperti yang dijelaskan sebelumnya. Artikel harus ditulis dalam gaya akademis yang baik dan memberikan deskripsi yang akurat dan ringkas tentang isi memastikan bahwa kesalahan tata bahasa dan ejaan telah diperbaiki sebelum penyerahan. Seharusnya tidak melebihi panjang yang disarankan.

 

Tolong jangan mengirimkan naskah ke kepala redaksi atau ke kantor lain secara langsung. Pertanyaan apa pun harus diarahkan ke kantor Pemimpin Eksekutif Editor melalui email ke mahmiah@hangtuah.ac.id.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Copyright Notice

Authors who publish with this journal agree to the following terms:

Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.

 

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.