Karakteristik Tinggi Gelombang untuk Perencanaan Breakwater di Pelabuhan Jangkar Situbondo, Jawa Timur

Authors

  • Rizki Lindra Pratama Universitas Hang Tuah
  • Supriyatno Widagdo Universitas Hang Tuah
  • Rahyono Universitas Hang Tuah

DOI:

https://doi.org/10.30649/jrkt.v1i1.19

Keywords:

Pelabuhan Jangkar Situbondo, tinggi gelombang, layout breakwater

Abstract

Pada perairan Pelabuhan Jangkar Situbondo, hingga saat ini hanya ada satu bangunan pantai berupa dermaga atau tempat sandar kapal ferry untuk bongkar muat barang, manusia dan lain-lain yang dibangun sejak tahun 1986 dan hanya dilakukan rekonstruksi pada tahun 1998. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian berupa analisis karakteristik gelombang di perairan tersebut untuk perencanaan bangunan pantai agar keberlangsungan kegiatan bongkar muat di pelabuhan tetap terlindung dari gelombang yang tinggi dan aman. Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi karakteristik tinggi gelombang dan pilihan tata letak breakwater yang optimal dalam melindungi perairan Pelabuhan Jangkar. Metode yang digunakan yaitu pemodelan numerik. Data yang digunakan untuk running model yaitu data gelombang hasil peramalan dari data angin. Tinggi gelombang berdasarkan hasil running yaitu, pada kondisi layout eksisting ketinggian gelombang pada daerah alur menuju pelabuhan masih cukup tinggi yaitu 1,41 hingga 1,61 meter. Ketinggian gelombang tersebut dapat direduksi menjadi sebesar 1,21 hingga 1,61 meter untuk daerah alur menuju pelabuhan dan 0,20 hingga 0,47 meter di daerah pelabuhan.

References

Dzikrurianti R O, Handoyo G, dan Widada S. 2014. Studi Refraksi dan Difraksi Gelombang Untuk Analisa Efektivitas Layout breakwater di Pelabuhan Pendaratan Ikan Larangan, Kabupaten Tegal. Jurnal Oseanografi. 3 (3): 429.

http://pusaka.situbondokab.go.id

http://situbondokab.go.id

Triatmodjo B. 1999. Teknik Pantai. Beta Offset:Yogyakarta.

Triatmodjo B. 2012. Perencanaan Bangunan Pantai. Beta Offset:Yogyakarta.

Additional Files

Published

2019-04-01

How to Cite

Rizki Lindra Pratama, Supriyatno Widagdo, & Rahyono. (2019). Karakteristik Tinggi Gelombang untuk Perencanaan Breakwater di Pelabuhan Jangkar Situbondo, Jawa Timur . Jurnal Riset Kelautan Tropis (Journal Of Tropical Marine Research) (J-Tropimar), 1(1), 54–62. https://doi.org/10.30649/jrkt.v1i1.19

Issue

Section

Articles